PESONA KEINDAHAN KAWAH IJEN

19.52 0 Comments

Kawah Ijen merupakan objek wisata yang telah dikenal luas oleh para wisatawan domestik dan asing karena keindahan alamnya. Kawasan Wisata Kawah Ijen masuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan luas 2.560 hektare, termasuk hutan wisata seluas 92 hektare. Kawah Ijen ini terletak di puncak Gunung Ijen di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso. Gunung Ijen merupakan gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl diatas permukaan laut yang terletak berdampingan dengan Gunung Raung dan Gunung Merapi.

AKSES MENUJU KAWAH IJEN
Dapat ditempuh melalui dua jalur, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Kedua jalur tersebut akan bertemu di Paltuding yang merupakan pintu masuk menuju ke lokasi Kawah Ijen. Paltuding, yang merupakan pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam) Paltuding memiliki area yang luas dan dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Terdapat tempat parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet dan mushola sudah tersedia. Beberapa warung makan juga banyak terdapat di Paltuding.

AKSES MENUJU PUNCAK IJEN
Perjalanan menuju Kawah Ijen dimulai dari Paltuding, Dari Paltuding ke Kawah Ijen jaraknya 3 KM, yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jalur pendakian menuju Kawah Ijen berupa tanah berpasir, batu halus dengan sudut kemiringan bervariasi antara 10 sampai 35 derajat.
Jalur pendakian

                            Pemandangan kawah ijen 
Kawah ini merupakan danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat memesona.  Selain itu, udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu 2 derajat celcius, akan menambah sensasi tersendiri.
Selain itu fenomena alam lain yang terdapat di kawah Ijen yang tidak boleh dilewatkan adalah Blue Fire atau Api Biru, yang muncul di tengah-tengah penambangan sulphur, dan  hanya bisa dilihat pada dini hari hingga menjelang pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB.
 

Blue fire dari dekat
 Blue fire dari jauh 
Fenomena blue fire ini hanya ada dua di dunia, selain di Ijen hanya ada di Islandia. Maka tak heran keberadaan si api biru ini begitu sangat diburu para wisatawan, khususnya turis asing.
Selain itu, para penambang juga memanfaatkan sedikit kreativitas mereka dengan membuat cendera mata dari belerang yang dicetak dalam aneka bentuk yang unik, seperti kura-kura, kepiting, boneka hello kitty dan sebagainya. 
                                                                       

                                                   Cinderamata dari belerang
Dikawasan wisata kawah ijen masih terdapat kekurangan dan kelebihan, diantaranya adalah :
kelebihan
1.   Akses jalan yang yang sudah memadai
2.   Tersedianya fasilitas penginapan, tempat makan, musolla, warung, tempat parkir toilet dll
3.   Terdapat tempat camping ground
4.   Sepanjang akses pendakian sudah tersedia tempat sampah
Sedangkan untuk Kekurangannya adalah :
1. Tidak adanya fasilitas kesehatan
2. Kurangnya keamanan kendaran pengunjung
3. Kurangnya kesadaran pengunjung dalam hal kebersih

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: