TAMAN GALAKSI JEMBER

21.24 0 Comments




Ekowisata Taman Wisata Galaksi Jember

     
Terletak di Kecamatan Tempurejo Jember. Taman ini tidak jauh dari pusat kota juga menjadi tempat  yang strategis untuk para wisatawan luar maupun lokal. Jarak dari kota sekitar ±30km.



      Taman ini menyuguhkan beberapa jenis tanaman dan hewan. Contohnya: beberapa jenis palm,bunga, pohon cemara dll
      Sedangkan contoh Hewan; buaya, ular, burung hantu, elang jawa, elang laut,rusa, burung emo, kalkun, burung pelikan
 

  • ·         Taman yang dibentuk seperti taman berbukit dipenuhi dengan rumput hijau dan beberapa tanaman bunga, seperti bougenfil, kamboja, bunga matahari, bunga pukul empat, bunga dahlia serta beberapa pohon seperti cemara, palm
  • ·         Banyak terdapat berbagai binatang dengan penetaan yang rapi dan bersih sehingga seperti kebun binatang

Di kawasan Taman Wisata Galaksi jember ini, masyarakat dapat menikmati sajian berbagai jenis binatang dan tumbuhan . Contohnya: beberapa jenis palm,bunga, pohon cemara dll. Sedangkan contoh Hewan; buaya, ular, burung hantu, elang jawa, elang laut,rusa, burung emo, kalkun, burung pelican. Di taman ini juga disediakan warung dan kafe juga ada toko swalayan yang menjual beberapa kebutuhan sehari-hari dan juga produk fascion. Swalayan ini tidak pernah sepi pengunjung. Karena tujuan wisata ke taman sehingga berimbas pada swalayan.Dengan adanya kawasan wisata ini, masyarakat Jember tidak perlu jauh-jauh ke Kebun Binatang karena di Taman Wisata Galaksi sudah tersedia berbagai macam hewan dan tumbuhan. Taman ini juga bisa digunakan untuk anak-anak mengenal berberapa hewan dan tumbuhan. Dengan demkian Taman Wisata Galaksi bisa dijadikan Ekowisata karena potensi yang dimiliki.

Sebelumnya Taman ini belum ada perawatan yang bagus. Kemudian setelah kyai yang mempuyai taman tersebut, membangunkannya dengan mengembangkan semua potensi yang ada, termasuk mengembangkan ekowista.Pengembangan kawasan Taman Taman Wisata Galaksi , selain menjaga kelestarian hutan dan isinya juga untuk memberdayakan ekonomi masyarakat yang ada di sekitar kawasan tersebut. 
Dalam rangka pengembangan ekowisata di suatu daerah contohnya di Taman Wisata Galaksi di Jember, Jawa Timur diperlukan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, serta tahap monitoring dan evaluasi. Dalam setiap tahapan tersebut memiliki beberapa point criteria yang harus dilakukan agar pengembangan ekowisata di taman wisata. Sehingga daerah pariwisata alam yang dikembangkan dapat menarik minat para wisatawan domestic ataupun mancanegara yang bisa mengasilkan devisa Negara.







  By: Fitri Arifatul

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: