PANTAI BANONGAN

05.30 0 Comments

Pantai Banongan

Pantai Banongan adalah salah satu pantai di Situbondo yang menawarkan keaslian suasana dengan udara laut yang segar. Disekitar pantai terdapat jajaran pohon kelapa yang merupakan miliki pemerintah kabupaten Situbondo sebagai salah satu perkebunan kelapa miliki negara.

Hadirnya jajaran pohon kelapa menambah susanan sejuk dan semilir di sekitar pantai Banongan, ditambah dengan birunya laut dan segarnya udara pantai menambah daya tarik tersendiri saat mengunjungi pantai ini.

Ditambah lagi, para pengunjung dapat menikmati panorama laut dengan melakukan beberapa kegiatan pantai, seperti, bermain kano, berjemur, berenang, dll. Berjalan di sepanjang pantai juga menarik untuk dilakukan.
Pantai Banongan terbuka bagi siapapun yang ingin berkunjung ke sini karena pantai ini merupakan pantai nelayan yang tidak dikelola secara komersil. Meski demikian, bukan berarti Pantai Banongan tidak memiliki keindahan panorama alam seperti pantai-pantai lain di Indonesia.
Lokasi Pantai Firdaus Banongan Indah
 
 

Bagi para pecinta pemandangan matahari terbenam, Pantai Banongan nampaknya menjadi salah satu lokasi yang tepat dan bisa menjadi target buruan destinasi wisata di wilayah Situbondo. Berlokasi di sekitaran jalur Pantura Jawa Timur, atau tepatnya berada di Desa Wringin, Kecamatan Asembagus, Situbondo, membuat pantai ini mudah diakses dari berbagai arah.

Menyusuri perkebunan buah milik warga yang sedang masa panen kedua serta melewati liku-liku jalan yang tidak terlalu bagus menjadi tantangan bagi pengunjung yang ingin menuju Pantai Banongan. Pantai ini berjarak sekitar 50 km dari alun-alun Kota Situbondo, atau dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan darat.
       

Faktor Pendukung & Faktor Kelemahan 
3              Faktor Pendukung

Pantai Firdaus Banongan Indah dapat dijadikan sebagai kawasan wisata mengingat potensi alam yang dimiliki. Potensi alam tersebut menjadi faktor pendukung bagi pantai Firdaus Banongan Indah agar lebih dioptimalkan pelestariannya. Faktor pendukung tersebut yaitu:

 Memiliki keindahan alam yang masih alami

 
Pantai banongan belum banyak mengalami perubahan oleh manusia. Tidak ada bangunan apapun yang didirikan disekitar pantai kecuali kamar mandi untuk para Wisatawan. Selebihnya, Pantai Banongan ini dikelola secara alami.
  •  Akses jalan yang mudah
Untuk bisa sampai ke Pantai Banongan kita hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 5km dari jalan raya Asembagus. Jalan mudah diakses karena adanya petunjuk jalan yang bisa membantu Wisatawan menemukan lokasi Pantai dengan mudah. 
  • Pemandangan sunset (matahari terbenam) yang indah
Pantai Banongan menjadi tempat yang cocok untuk menikmati matahari terbenam. Wisatawan bisa menikmati indahnya warna langit ketika matahari mulai terbenam.


  • Tidak ada tiket masuk.
Untuk dapat menikmati indahnya Pantai Firdaus Banongan, Wisatawan tidak perlu memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menikmati panorama alam Pantai Firdaus Banongan. Hal ini karena Pantai Banongan merupakan pantai nelayan yang tidak dikelola secara komersil. 
  • Tersedia kamar mandi untuk Pengunjung. 

Fasilitas yang ditawarkan ketika kita menikmati liburan di Pantai Firdaus Banongan adalah tersedinya kamar mandi. Pada wisatawan bisa menggunakan kamar mandi umum dengan membayar uang sebesar 1000 rupiah perorang.
 


  • Gazebo untuk beristirahat.


3.1.1        Faktor kelemahan
Adapun beberapa faktor kelemahan yang menjadi alasan Pantai Firdaus Banongan belum layak disebut sebagai kawasan wisata yaitu:
1.      Jarak tempuh cukup jauh & kondisi jalan buruk
Wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 5km untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Firdaus Banongan. Selain cukup jauh, jalan yang harus ditempuh melalui darat juga buruk. Jalanan berupa tanah yang berlubang-lubang sehingga wisatawan harus berhati-hati saat melalui jalan menuju lokasi.
2.      Banyak sampah
Disekitar pantai banyak ditemukan sampah anorganik yang sengaja dibuang begitu saja oleh wisatawan. Hal ini karena rendahnya tingkat kesadaran wisatawan akan pentingnya menjaga kebersihan. Sampah-sampah tersebut mengganggu pemandangan pantai sehingga wisatawan enggan untuk berlibur ke Pantai Firdaus Banongan.

          Selain tersedianya kamar mandi, di Pantai Firdaus Banongan juga disediakan gazebo untuk    dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai tempat beristirahat, berkumpul bersama keluarga ataupun untuk menikmati indahnya panorama alam Pantai Firdaus Banongan dari kejauhan.

1.      Sering digunakan sebagai tempat latihan militer oleh TNI
Lokasi Pantai Firdaus Banongan yang terletak jauh dari pemukiman warga sipil dan memiliki daerah yang luas untuk mendaratkan Helikopter maupun Amfibi (tank/kapal selam) membuat Pantai Firdaus Banongan tidak dapat dikunjungi pada saat kegiatan latihan militer berlangsung.

3.1  Langkah-langkah Pengembangan
Berdasarkan Faktor Kelemahan yang membuat pantai Firdaus Banongan Indah jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara, maka dapat dilakukan beberapa Langkah Pengembangan pantai Firdaus Banongan Indah agar dapat dijadikan sebagai Objek Wisata bagi Kabupaten Situbondo. Langkah-langkah pengembangan tersebut antara lain :
1.      Menyediakan Transportasi Laut bagi pengunjung. Terutama pada saat awal musim hujan. Hal ini dapat mempermudah akses jalan menuju lokasi. Selain itu transportasi laut juga dapat digunakan untuk lebih mengenalkan keindahan pantai Firdaus Banongan Indah yang dikelilingi oleh hutan dan gunung.
2.      Memperbaiki sarana dan prasarana yang ada. Seperti menyediakan tempat sampah dibeberapa titik sepanjang pantai Firdaus Banongan agar para wisatawan tidak membuang sampah sembarangan.
3.      Mengurangi kegiatan militer yang membahayakan warga sipil yang hendak berlibur.

By: Dessy Febriana S.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: