WISATA PANTAI LOMBANG

06.11 0 Comments

WISATA PANTAI LOMBANG


Pantai Lombang merupakan salah satu pantai yang terlatak di Kabupaten Sumenep, Madura. Tepatnya di sebelah timur Kabupaten Sumenep, kira-kira 32 km dari kota Sumenep, yaitu di Desa Lombang Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep. Untuk mencapai lokasi, para wisatawan dapat memanfaatkan angkutan umum atau persewaan mobil dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. 


Pantai Lombang merupakan wisata unggulan di Bumi Sumekar. Pasir pantainya yang putihdan bersih cocok untuk menjemur badan. Dipantai sepanjang 12 km ini, wisatawan bisa menikmati matahari terbit dan terbenam. Ciri khas dari Pantai Lombang adalah “hutan” cemara udang. Tanaman yang termasuk langka ini menjadi ciri khas Pantai Lombang karena jarang didapati di daerah lain. Cemara udang selain digunakan sebagai tanaman hias, juga mempunyai manfaat yang tidak bisa dimiliki tanamn lain yaitu mampu tumbuh di daerah yang minim air dan berpasir. Sehingga pohon ini cocok menjadi tanaman perintis.

Salah satu kelebihan Pantai Lombang adalah Pantai ini masih sangat alami karena di Pantai ini tidak ada satu pun bangunan yang dapat merusak memandangan. Pantai Lombang ini sangatlah murni karena selain berfungsi sebagai penyuburan tanah untuk keindahan Pantai, Pantai ini juga berfungsi sebagai tempat penelitian mahasiswa, mata pencaharian penduduk, percobaan mansik haji dan untuk penimbunan pohon bonsai.
 


Selain itu, keunggulan Pantai Lombang yaitu pasirnya yang dapat ditambang dan dimanfaatkan sebagai alat alternatif kesehatan. Manfaat dari pasir putih Pantai Lombang ini diantaranya digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan juga dimanfaatkan sebagai pengganti kasur di saat istirahat. Namun, bagi para wisatawan yang ingin bermalam di Panti ini dapat mendirikan tenda di pinggir Pantai karena di sekitar pantai belum ada penginapan atau dapat memanfaatkan penginapan (hotel) yang ada di Kota Sumenep. Di pantai ini sudah menyediakan beberapa fasilitas diantaranya kamar mandi untuk bilas setelah menikmati sejuknya air pantai, musolla bagi kaum muslim yang ingin menunaikan kewajiban, panggung hiburan biasanya digunakan jika ada acara seperti halnya merayakan hari raya ketupat dan tak lupa juga tempat (warung) makan serta beberapa sarana untuk bermain seperti menunggangi kuda dan taman bermain untuk anak-anak.Harga tiket untuk bisa masuk Pantai ini yaitu Rp 5.000,- per orang.
By: Jalia Agustina

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: