TANCAK TELEMPONG

05.22 1 Comments



 TANCAK TELEMPONG

     Tancak Telempong terletak di Desa Telempong, kecamatan Banyuglugur kabupaten Situbondo. Air terjun ini dapat dikunjungi dengan menggunakan kendaraan darat menuju arah barat kota Besuki, Situbondo.
            Jarak tempuh untuk menuju lokasi air Tancak ini ± 14 km dari kota Besuki, dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit. Untuk menuju tempat penitipan kendaraan kita harus melewati jalan utama pantura sejauh ± 10 km dan jalan desa berlubang ± 4 km.
           



Peta Rute Perjalanan


Dari tempat penitipan kendaraan kita harus berjalan kaki menyusuri persawahan dan perbukitan dengan jarak tempuh ± 1,5 km. rute yang harus dilalui adalah jalan menanjak dan menurun, serta beberapa kali harus menaiki bebatuan perbukitan dan menyeberangi sungai.






Foto perjalanan menuju lokasi

 
           



Setelah kita berjalan  20-30 menit akhirnya kita akan sampai di lokasi Tancak. Tancak tersebut sebenarnya terdiri dari dua undakan air terjun yang tingginya mencapai ± 75 meter. Akan tetapi, apabila kita berada dekat sekali dengan Tancak tersebut, maka air terjun di undakan pertama tidak akan tampak. Sehingga, Nampak air terjun yang paling bawah saja dan membuat air terjun tersebut tampak tidak terlalu tinggi.
Di lokasi air Tancak, banyak hal yang dapat kita lakukan. Mulai dari duduk santai di bebatuan sekitar  air terjun, mandi di bawah guyuran air terjun serta piknik bersama di lokasi tersebut.



Air dari tancak tersebut sangat sejuk dan menyegarkan. Sehingga, lelah perjalanan menuju tempat tersebut akan terbayar dengan indahnya dan segarnya kucuran air tancak yang masih asri.
Jadi, apabila anda berwisata ke kabupaten Situbondo khususnya kota Besuki. Ini dapat menjadi referensi tujuan wisata anda. Silahkan kunjungi tancak (Air Terjun) Telempong. Cocok untuk anda yang suka bertualang dan suka berwisata.



 By: Ahmad Zainul Hasan

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: