EKOWISATA PANTAI BATU REMUK SITUBONDO

18.08 0 Comments


Ekowisata Pantai Batu Remuk Situbondo

         

Pantai Batu Remuk terletak di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Akses menuju pantai Batu Remuk ini sangatnya mudah karena melewati jalan pantura, selain itu pantai tersebut berada di tepi jalan. Waktu yang diperlukan untuk menuju ke pantai itu ±25 menit dari alun-alun kota Situbondo dan ±15 menit dari arah pasir putih dengan mengendarai sepeda motor. 

Pantai Batu Remuk memiliki pesona alam yang sangat indah dan keanekaragaman hayati yang masih terjaga. Adanya hutan mangrove yang menjadi pembatas pantai Batu Remuk dengan Pantai Pasir Putih menambah keasrian pantai tersebut. Jika terjadi surut maka akan tampak terumbu karang yang sangat indah dan beragam jenis.



Hutan mangrove dan terumbu karang yang terdapat di Pantai Batu Remuk Kab. Situbondo  

             Pantai tersebut juga memiliki beragam jenis organisme diantaranya yaitu kepiting ladam, kepiting pasir, ubur-ubur, bulu babi, timun laut, ikan kerapu, gastropoda, bintang mengular, bintang laut, porifera dan sebagainya. Sedangkan untuk jenis tanaman yaitu alga hijau, alga coklat, lamun dan lain-lain.




Timun laut dan alga hijau 







         Substrat dari pantai tersebut terdiri dari pasir, lumpur dan batu sehingga saat surut tiba maka dasar pantai akan terlihat seperti bongkahan pasir yang tersebar di seluruh pantai.Selain itu juga terdapat tambak/ budidaya ikan kerapu dan ikan kakap yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Pantai ini juga menjadi lalu lalang perahu milik nelayan untuk mencari ikan dan mengolah keramba ikan kakap dan kerapu tersebut.



Namun dengan pesona alam pantai Batu Remuk yang indah ini terdapat kelebihan dan kekurangan. Kelebihan tempat tersebut yaitu akses jalan menuju lokasi sangat mudah dan terletak di pinggir jalan pantura, keanekaragaman hayati masih terjaga terbukti dengan banyaknya jenis organisme yang terdapat dalam pantai tersebut, sedikit polutan, adanya keramba /budidaya ikan kerapu dan ikan kakap yang berada di pantai tersebut menambah keindahan pantai ini, terdapat terumbu karang dan hutan mangrove yang sangat indah.
            Sedangkan untuk kekurangan dari pantai Batu Remuk ini antara lain tidak adanya papan keterangan dan petunjuk jalan di area pantai sehingga tidak banyak masyarakat mengetahui pantai tersebut, tidak adanya pengelolah wisata sehingga pantai ini hanya dijadikan area mancing ikan dan lalu lalang perahu yang menuju keramba ikan kakap serta ikan kerapu hal ini terbukti dengan adanya perahu nelayan yang berada di tepi pantai. Selain itu juga area pantai ini sangat sempit, hutan mangrove di bagian barat dan timur yang menjadi pembatas pantai ini sedangkan bagian barat langsung berbatasan dengan pantai Pasir Putih. Masih adanya kebiasaan masyarakat yang berburu kerang (bivalvia) baik untuk dikonsumsi maupun di perjual belikan karena harganya yang relatif mahal pada sore hari sehingga dapat merusak keseimbangan ekosistem dan terumbu karang yang terdapat di pantai tersebut. Selain itu masih kurangnya informasi tentang pantai tersebut di dunia maya maupun dunia nyata sehingga yang mengetahui nama dari pantai tersebut hanyalah penduduk asli Dusun Gundil, Desa Klatakan.

 By: Vina Pandu Puspa Sari
 

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: