AIR TERJUN TANCAK

19.30 0 Comments



Air Terjun Tancak Gunung Pasang

Air Terjun Tancak lokasinya berada di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, sekitar 20 km dari pusat kota Jember. Air terjun Tancak terletak dilereng gunung argopuro disebelah barat daya kota Jember berada diketinggian 900 mdpl. Air terjun ini tingginya sekitar 82 meter dan berada di wilayah Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang.

Air Terjun Tancak memiliki panorama yang sangat indah dan berada di lereng Gunung Pasang yang dikelilingi oleh hamparan perkebunan kopi yang luas. Air terjun ini memiliki ketinggian 82 m dengan debit air 150 meter kubik perdetik.
Untuk menuju ke lokasi air terjun Tancak cukup membuat berkeringat dan lumayan pegal bagi yang tidak terbiasa jalan kaki. Tetapi, semua kelelahan akan terbayar lunas dengan panorama alam yang terhampar sesampainya di sana. Sepanjang jalan pun dihiasi dengan perkebunan kopi Arabika dan alam pegunungan serta sungai kecil yang mengalir tenang.
Sesampainya dilokasi air terjun tancak akan dibuat takjub oleh air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 82 meter dengan aliran air yang cukup deras dan sangat bersih. Disekitar air terjun tancak akan disuguhi pemandangan tebing tinggi yang ditumbuhi tanaman semak belukar yang masih alami sehingga udara disekitar air terjun tancak cukup sejuk dan segar. Sehingga rasa lelah dan penat selama perjalanan akan hilang seketika.
Di wisata air terjun tancak dapat melakukan aktivitas mandi dan berenang, serta menikmati pijatan alami air terjun di kolam penampungan air tepat berada di bawah air terjun. Dilokasi ini juga cocok untuk mendirikan tenda, namun jika bertenda selama musim hujan haruslah hati-hati karena sering terjadi banjir bandang yang berasal dari lereng - lereng bukit yang sudah gundul akibat illegal logging. Selain itu daerah ini masih banyak terdapat hewan – hewan liar yang ditakutkan akan membahayakan pengunjung jika bermalam di lokasi ini.



Selain dapat menikmati keindahan air terjun tancak, pengunjung juga dapat menikmati hijau dan indahnya perkebunan kopi dan karet di sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun tancak yang akan menambah suasana menjadi asri. Disepanjang perjalanan ini pengunjung dapat menikmati hembusan udara yang cukup sejuk dan segar yang khas daerah perkebunan, dan akan ditemani beberapa kicauan burung-burung.

By: Yudi Pramana

Untuk pengunjung yang akan berkunjung ke wisata alam air terjun tancak sebaiknya dilakukan pada musim kemarau,  karena di musim hujan kondisi jalan setapak sangat becek dan licin.  Terlebih lagi akan banyak ditemui hewan pacet selama perjalanan.  Selain itu tidak ketiadaan petunjuk jalan disini, oleh karena itu disarankan banyak bertanya kepada penduduk setempat demi keamanan dan kenyamanan pengujung.
 

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: