AIR TERJUN TANCAK KEMBAR

18.39 0 Comments


Air Terjun Tancak Kembar-Bondowoso



Bagi masyarakat Bondowoso, nama Air Terjun Tancak Kembar sudah tidak asing lagi. Air terjun ini konon memiliki kekuatan mistis untuk membuat awet muda, karena konon Dewi Rengganis dahulu mandi di sini. Air terjun yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota ini berada di ketinggian sekitar 1.100 mdpl. Wisata alam Air Terjun Tancak Kembar merupakan lokasi wisata alami. Sebab, untuk menuju lokasi yang secara administratif berada di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem, ini memerlukan perjuangan ekstra.
Hal itu karena untuk mencapai lokasi hanya berupa jalan makadam dan langsung berbatasan dengan jurang pada bagian tepinya. Bahkan, kondisi jalan itu akan semakin parah karena licin ketika musim penghujan. 
Hanya saja, begitu sampai di lokasi itu rasa penat itu dipastikan sirna. Betapa tidak, di balik rerimbunan pohon rimba tersebut terpampang sebuah tebing batu beraliran air putih jernih yang jatuh bak kapas.
Ada dua aliran air terjun yang satu sama lain berjarak sekitar 20 meter. Kedua air terjun tersebut memiliki ketinggian yang sama,yaitu sekitar 70 meter. Oleh karena itu, kedua air terjun itu lantas disebut dengan tancak (air terjun, bahasa Madura-red) dan sama yang disebut kembar. Dua air terjun itu juga disimbolkan laki-laki dan perempuan. 
Bagi masyarakat setempat, Air Terjun Tancak Kembar yang memang berada di lereng timur Pegunungan Argopuro ini dinilai bernuansa mistis. Berdasarkan mitos yang berkembang di masyarakat setempat, air terjun berketinggian sekitar 70 meter ini merupakan tempat pemandian Dewi Rengganis.

Konon, Dewi Rengganis merupakan seorang puteri dari Majapahit yang melarikan diri akibat terjadianya peperangan. Dalam pelariannya, puteri yang kesohor karena kecantikannya itu kemudian mendirikan kerajaan kecil di puncak Gunung Argopuro sehingga air bekas mandi Dewi Rengganis inilah yang menyebabkan mitos Air Terjun Tancak Kembar merupakan obat awet muda .

By: Sri Puji Pangastuti

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: