PANTAI ROWO CANGAK

19.06 0 Comments

Pantai Rowo Cangak atau Cangak'an merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Jember. Letaknya di Desa Ungkalan, Kecamatan Ambulu, secara goegrafis letaknya di sebelah timur Payangan dan sebelah barat dari Nanggelan. Untuk menuju ke pantai ini kita bisa melalui dua jalur yaitu melalui jalur menuju Nanggelan yaitu perempatan ambulu belok kiri, terus sampai masuk ke perkebunan Kotta Blater menuju ke arah Nanggelan, seampainya kita pada persimpangan di hutan jati kita lurus saja, karena jika berbelok ka kiri akan ke Nanggelan. Kemudian lurus saja mengikuti jalur setapak menuju ke Pantai Rowo Cangak. Alternatif selanjutnya adalah lewat Desa Sabrang, dari perempatan ambulu kita lurus saja sampai ada belokan ke kiri menuju ke Desa Sabrang yang jalannya bersebelahan dengan sungai. Dari sana kita lurus saja mengikuti jalan aspal sampai ada tong di gang kita belok saja, kemudian kita akan melewati jembatan gantung. Kemudian belok kekiri, setelah kantor perhutani kita belok kiri di persimpangan. Sampailah kita di Desa Ungkalan, kemudian belok ke kanan pada pertiggaan pertama ada SD Ungkalan. Dari SD kita lurus saja sampai ada pertigaan kita ke kanan menuju hutan, kita lurus saja sampai melewati jembatan kayu, selanjutnya lurus saja sampai ada pertigaan kita belok kanan. Sekitar 200 meter kita telah sampai di Pantai Rowo Cangak.

Pada hari libur biasanya ada yang mengelola parkir dengan biaya Rp 5.000,00 saja. Namun, pada hari biasa kita bisa membawa kendaraan kita sampai ke bibir pantai. Disini tidak tersedia fasilitas seperti toilet, kamar mandi, dan sebagainya. Tetapi disini kita bisa menikmati pemandangan pantai selatan yang indah sambil duduk bersantai di pohon pandan. Kita juga bisa berfoto di bukit sebelah kiri untuk melihat pantai dari atas. Disini populasi Pandanus tectorius merupakan mangroove yang paling banyak di pantai ini. Selain itu, di dekat pantai ada perkebunan semangka, sayangnya hanya semusim saja, pada musim tertentu akan ditanami tanaman yang berbeda.

Suasana yang tenang menjadikan pantai ini sangat cocok untuk refreshing. Oleh karena itu apabila ada di Jember jangan lupa berkunjung ke Pantai Rowo Cangak. Tapi jangan lupa bawa sampah anda pulang, agar pantai ini tidak menjadi kotor dan mengurangi keindahan tempat ini.

Sudahkah berkunjung?

#Ayoberkunjung

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.