PANTAI PAYANGAN

16.55 1 Comments

Payangan merupakan nama desa yang terletak di Kecamatan Ambulu-Jember. Jarak dari pusat kota sekitar ± 30 km ke arah selatan. Letak dari kawasan pantai ini berdekatan dengan Pantai Watu ulo dan Papuma. Warga yang bermayoritaskan nelayan juga mempunyai tradisi tahunan yaitu Petik Laut, yang dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit ketika bulan Suro tiba. Di Payangan kita juga bisa menjumpai warga yang sedang membuat Terasi secara tradisional dan juga nelayan yang sedang memperbaiki jaring-jaring mereka.
Menuju pantai ini, pertama kita posisikan diri berada di perempatan Kec.Ambulu Kab.Jember setelah itu kita ambil jalur keselatan dan ikuti jalur tersebut, jalur serupa dengan jalur yang akan menuju pantai Papuma namun untuk ke Payangan kita hanya lurus kearah selatan tanpa berbelok kearah Papuma.
Fasilitas yang tersedia di Pantai Payangan ini antara lain adalah Toilet, Tempat Parkir Motor/Mobil, Camping Ground (sabana di sisi selatan), Warung-warung warga yang menyediakan aneka makanan. Wisata ini dikelola oleh warga setempat, kita hanya dikenakan biaya parkir senilai Rp.5000 untuk motor dan Rp.10000 untuk mobil .
Ciri khas dari pantai payangan ini terdapat pada warna pasir yang berwarna hitam dan banyak bukit berwarna hijau yang terletak di sebelah selatan dari pantai payangan ini. Mengapa Pantai Payangan patut untuk dikunjungi adalah aksesnya yang mudah serta keindahan pantai yang memanjakan mata akan menjadi sarana refreshing yang cocok untuk keluarga maupun sendirian. Dan yang terpenting HTMnya murah.







Selain itu kita juga bisa melihat pemandangan dari atas bukit, diantaranya adalah gumuk wedus/bukit kambing yang dapat menyajikan pemandangan laut serta teluk love, dan bukit lain disekitar pantai payangan juga menyajikan pemandangan yang tidak kalah bagusnya. terlebih lagi jika kita ingin melihat matahari terbit maupun matahari terbenam. sayangnya sampah mulai banyak berserakan di pantai ini, hal ini akibat kurang kesadaran dari masyarakat sekitar dan para pengunjung. Dahulu pernah disosialisasikan tentang kebersihan lingkungan namun dampaknya hanya sementara. oleh karena itu tolong jaga kebersihan pantai payangan agar menjadi destinasi unggulan yang bisa diandalkan oleh masyarakat sekitar dan penikmat alam seperti kita ini.






Sudahkan berkunjung?

#Ayoberkunjung

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: