PANTAI WEDI IRENG BANYUWANGI

23.28 0 Comments

PANTAI WEDI IRENG BANYUWANGI

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah objek wisata yang sangat melimpah. Objek wisata tersebut dapat kita jumpai dari sabang sampai merauke. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Wedi Ireng, Banyuwangi Jawa Timur.


Dasar penamaan pantai Wedi Ireng adalah warna pasirnya. Dalam bahasa Jawa wedi artinya pasir sedangkan ireng artinya hitam. Warna pasir di pantai ini sekilas memang putih bersih. Namun, jika diperhatikan dengan lebih seksama dari dekat, ada campuran warna hitam yang terdapat pada pasir di pantai Wedi Ireng sehingga pantai ini dinamakan pantai Wedi Ireng.


Pantai Wedi Ireng berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Dari pusat kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 65 km yang bisa ditempuh tiga hingga empat jam perjalanan. Dari Banyuwangi menuju ke kecamatan Jajag dan ikuti petunjuk jalan menuju Pulau Merah. Wilayah Pedotan merupakan pusat keramaian, terakhir dari jalan yang dilewati. Sebelum Pulau Merah ikuti petunjuk jalan menuju Pantai Pancer, yang jaraknya sekitar 3 km dari Pulau Merah. Dari Pancer ada dua jalan menuju Wedi Ireng yang berjarak 2 km di sebelah Barat. Pertama dari tempat pelelangan Ikan Pancer lurus mengikuti jalan sekitar 2 km. Pilihan jalan kedua, parkir kendaraan di sekitar TPI dan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju muara sungai. Pilihan ini hanya direkomendasikan untuk penyuka petualangan karena harus menyebrangi muara, naik turun bukit serta melewati hutan. 
Usaha untuk mengembangkan kawasan ini menjadi obyek wisata, diperlukan keterlibatan semua pihak yang berhubungan dengan pengembangan kawasan ini. Keterlibatan Pemerintah Daerah setempat dalam melakukan keja sama dengan pihak-pihak yang berwanang di Kabupaten Banyuwangi serta pihak swasta dalam mengusahakan pengadaan dan pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, ditambah dengan dukungan masyarakat setempat dalam upaya pengembangannya.

Pengembangan wedi ireng dimulai dari:
a.       Fasilitas
Pantai Wedi Ireng ini masih sangat minim fasilitas, penyedia jasa penjualan makanan juga masih sedikit sehingga wisatawan yang datang kesulitan mendapatkan makanan. Oleh sebab itu perlu ada fasilitas yang memadai untuk menunjang pengembangan wisata.
b.      Infrastruktur
Perbaikan infrastruktur jalan diperlukan untuk menunjang pengembangan wisata wedi ireng ini, walaupun sebagian jalan sudah bagus tapi masih ada jalan yang rusak sehingga perlu diperbaiki.
c.       Peningkatan kualitas pantai
Pantai wedi ireng merupakan pantai yang masih bersih, karena belum banyak didatangi oleh wisatawan. Kualitas pantai yang bersih ini harus tetap dijaga dan lebih ditingkatkan lagi supaya banyak wisatawan yang akan datang ke pantai ini.
d.      Penyediaan sarana dan prasarana
mengembangkan wisata pantai wedi ireng maka perlu adanya suatu penyediaan sarana dan prasarana yang dapat memudahkan para wisatawan berkunjung ke tempat wisata. Sarana yang dimaksud dapat berupa sarana transportasi yang lebih memadai. Dan prasarana dapat berupa penyediaan tempat istirahat dan lain-lain. 







 By: Yurista Eko Febrianti

 


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: