EKSOTISME BENDUNGAN SAMPEYAN BARU BONDOWOSO

20.44 0 Comments


 EKSOTISME BENDUNGAN SAMPEYAN BARU BONDOWOSO


Secara konseptul ekowisata dapat didefinisikan sebagai suatu konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan yang bertujuan untuk mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan (alam dan budaya) dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, sehingga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat
Kehadiran wisatawan (khususnya ekowisatawan) ke tempat-tempat yang masih alami itu memberikan peluas bagi penduduk setempat untuk mendapatkan penghasilan alternatif dengan menjadi pemandu wisata, porter, membuka homestay, pondok ekowisata (ecolodge), warung dan usaha-usaha lain yang berkaitan dengan ekowisata, sehingga dapat meningkatkan kesejahtraan mereka atau meningkatkan kualitas hidup  penduduk lokal, baik secara materiil, spirituil, kulturil maupun intelektual.
Pariwisata di kabupaten Bondowoso sangatlah beragam. Kota yang biasa disebut kota tape ini adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk berlibur karena daerah yang dikelilingi oleh pegunungan ini memiliki suasana yang sangat sejuk dan tenang. Salah satu tempat wisata di Bondowoso yang memberikan suasana tenang dan sangat menarik untuk dikunjungi adalah “Bendungan Sampean Baru”. Suasana tenang Bendungan Sampean Baru Bondowoso ini pastinya akan langsung membuat otak para pengunjung kembali fresh dan semua penat dapat hilang seketika karena kesejukannya. DAM yang terletak di Desa Tapen Kecamatan Tapen ini , termasuk bangunan kuno. Dibangun sejak tahun 1983. Sampai saat ini bendungan ini masih berfungsi dengan baik.
Untuk sampai ke Bendungan Sampean Baru, hanya butuh 20 menit dari pusat kota dengan menempuh jarak sekitar 17 km melalui jalan raya menuju arah Situbondo. Jalan masuk menuju Bendunga Sampean Baru ini cukup membuat mata segar. Pasalnya hamparan lahan sawah dan perkebunan menghiasi sepanjang area masuk Bendungan tersebut. Bondowoso tidak mempunyai danau alami , jadi hanya tempat ini yang dapat  dikunjungi untuk mendapatkan suasana danau yang menyejukkan.
              Lokasi yang eksotis dengan pemandangan yang luar biasa dan dikelilingi oleh pegunungan, membuat Bendungan ini sering dijadikan tempat untuk berlibur dan berfoto bersama . DAM yang dikelola pemerintah Provinsi Jatim ini sering juga dikunjungi pemuda pemudi dan keluarga untuk menikmati suasana hening. Tidak jarang pula, para pengunjung memanfaatkan area Bendungan untuk foto Pre-Wedding. Namun, dilihat dari manfaatnya Bendungan Sampean Baru ini memiliki fungsi yaitu untuk mengairi lahan seluas 9.800 ha. Bangunan bekas jaman belanda ini, berdiri kokoh 26 meter diatas dasar sungai dengan panjang 670 m dan lebar 4 m. Bendungan Sampean Baru merupakan bending penyadap air, dibangun diatas batuan pumice stuff yang muncul di kedua tebingnya. Tubuh Bendung dibuat dengan kontruksi mass concrete dan panjangnya dibagi dalam 14 blok yang masing-masing dipisahkan dengan contruction.














By:
Lailatul Badriyah

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: