NUASA ALAM HUTAN BAMBU

06.40 0 Comments

Lumajang yang terkenal dengan pisang agungnya memiliki wisata yang begitu berpotensi untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan PAD kabupaten. Hutan bambu merupakan wisata alam yang berada di daerah Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Lokasinya dapat dijangkau sekitar 30 Km arah barat daya kota Lumajang.  Wisata ini merupakan wisata konservasi alam tanaman bambu, monyet  dan kalong. Untuk memasuki wisata alam ini hanya perlu merogoh uang Rp 3.000,- pada hari libur dan biasanya gratis pada hari biasa.
Hutan bambu merupakan objek wisata yang pernah mendapatkan penghargaan kalpataru untuk kategori Penyelamat Lingkungan. Kelompok masyarakat, yakni Kelompok Pelestari Sumber Daya Alam (KPSDA) ini lah yang memiliki kepedulian yang tinggi melestarikan wisata alam hutan bambu.
Di awal memasuki hutan bambu ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan teduh diiringi suara sambutan dari monyet-monyet. Selanjutnya anda bisa menikmati  dinginnya air kolam yang berasal dari sumber Deling. Air yang mengalir dari sumber ini begitu jernih dan dingin. Jernih dan dinginnya air ini dikarenakan banyaknya bambu yang ada disana. Suara gemericik air dari sumber ini mampu membuat anda sejenak melupakan masalah anda dan memberikan ketenangan dalam jiwa anda. 
Hutan bambu ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu dapat meningkatkan aliran air bawah tanah, peredam suara yang baik, penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen yang baik, serta sebagai tempat hidup beberapa fauna seperti monyet.
Kelebihan dari hutan bambu ini yaitu panorama alamnya yang masih sejuk dan alami, memiliki sumber air yang dingin dan jernih, terdapat istana monyet dan kalong yang perlu dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Sedangkan kekurangannya wisata ini yaitu kurang lengkapnya sarana prasarana yang memadai seperti toilet, tempat parkir, tempat sampah dan mushola. Sampah anorganik juga masih banyak berserakan sehingga perlu diberikan solusi terbaik, seperti pengadaan tempat sampah, tata tertib, dan penjagaan untuk menjadikan tempat ini tetap indah dipandang mata. Mengingat pentingnya keberadaan hutan bambu ini maka diperlukan perhatian dan kepedulian dari berbagai pihak, baik pelajar, mahasiswa, masyarakat dan tentu saja dari pemerintah utamanya pemerintah daerah. Apabila wisata alam ini telah diperhatikan dan dikembangkan, pasti dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Lumajang.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: