AIR TERJUN TIRTO KEMANTEN

01.49 0 Comments

Air Terjun Tirto Kemanten terletak di dusun Wono Rejo, Kalibaruwetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun ini terletak di lereng Gunung Raung. Penduduk sekitar
menamakan air terjun ini sebagai Tirto Kemanten karena ada dua aliran air yang sepintas mirip jejeran pengantin pria dan wanita. Air terjun ini pernah mengalami longsor, sehingga terjadi kerusakan. Dampak dari kerusakan tersebut cukup terasa karena mengakibatkan kawasan ini menjadi sepi pengunjung

Untuk menuju air terjun ini kita menuju ke stasiun Kalibaru, dari sana sekitar 50 meter ada gang aspal belok ke kiri. selanjutnya di persimpangan pertama belok ke kanan, kemudian belok kekiri menuju ke perkebunan PTPN XII. dari portal perkebunan kita lurus saja tidak usah berbelok sampai ada gapura Dusun Wonorejo. selanjutnya lurus saja sampai perbatasan jalan aspal dan tanah, kemudian belok ke kanan, dari sana kita dapat melihat tempat paikir berupa warung jajanan. Air terjunnya berada di bawah, setelah kita berjalan sejauh 10 meter menuruni anak tangga.



Di air terjun ini kita disuguhi pemandangan indah dua air terjun yang bersandingan, serta kita juga bisa mandi, sekedar info airnya sangat dingin karena airnya bersumber dari pegunungan. Disini terdapat shelter untuk sekedar duduk santai menikmati pemandangan.
sayangnya jalan menuju air terjun ini rusak, yaitu berupa batuan dan apabila hujan lumpur membuat jalan licin. untuk itu perlu perhatian pemerintah agar akses menuju wisata ini menjadi lebih mudah.

Selain itu di kawasan perkebunan juga terdapat pemandian alami, yaitu pemandian Jatirono. Sumber mata airnya digunakan oleh perusahaan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Air Rolas, sehingga letaknya bersebelahan dengan pabrik AMDK tersebut. Letaknya sebelum air terjun Tirto Kemanten, yaitu pada portal perkebunan pertama jika kita akan ke air terjun terus lurus saja, sedangkan untuk ke pemandian Jatirono kita belok ke kiri lurus saja sejauh kira-kira 10 km jaraknya, apabila menemukan persimpangan lurus saja sampai ke afdeling atau perumahan perkebunan disana akan ada penjaga yang akan mengarahkan kita menuju pemandian.



Disini kita dapat berendam sepuasnya dan menikmati suasana yang alami dari pemandian tersebut. kita akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00 saja. Fasilitas yang ada antara lain musholah, gazebo, dan kamar mandi ganti. kekurangannya masih belum dikelola dengan baik, dan jalan menuju pemandian ini masih rusak baripa bebatuan sepanjang jalan.


Jika berkunjung ke air terjun Tirto Kemanten, maka jamgan lupa untuk mampir ke pemandian Jatirono. Jadi sekalian broo...

Sudahkah berkunjung?

#Ayo berkunjung   

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: