PARANG KURSI

05.49 0 Comments

PARANG KURSI

         

Pariwisata di Banyuwangi sangatlah beragam dan tidak sedikit yang menarik perhatian wisatawan local maupun mancanegara, terutama tempat-tempat wisata yang notabene memiliki keindahan yang luar biasa. Salah satu wisata pantai yang indah yang belum banyak terjamah wisatawan adalah pantai parang kursi. Pantai parang kursi atau disebut juga karang kursi merupakan salah satu pantai indah berpasir putih yang masih sangat jarang terjamah oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Mungkin banyak para traveller yang belum pernah mendengar nama pantai ini. Bahkan di internet pun tidak terlalu banyak informasi tetang Pantai Parang Kursi, karena jelas kalah tenar dari pantai-pantai lain di Banyuwangi. Tapi soal keindahannya, tidak perlu diragukan lagi. Pantai dengan air yang sangat jernih, pemandangan hijau disekitar bibir pantai, karang-karang yang tersusun rapi, semuanya terpadu menjadi surga lain banyuwangi yang tersembunyi di balik rerimbunan pohon.


              
          Asal usul nama parang kursi dikarenakan adanya karang besar yang berbentuk seperti kursi. Ada mitos di balik karang besar yang ada di bibir pantai Parang Kursi. Konon, nyi roro kidul muncul ke dunia ini dari dunia jin di tempat ini. diatas parang kursi itu terdapat sebuah jendela angin dari bawah laut yang mengembuskan angin kencang dari laut dan disusul air laut yang menyembur ke atas. 




                Uniknya lagi air yang menyembur di sini tidak asin melainkan tawar. Keindahan pantai Parang Kursi diantaranya adalah air lautnya yang sangat jernih, pasirnya yang putih kemerah merahan, dan hijaunya lumut yang menempel di batu karang, serta karang karang besar yang tersusun secara rapi membuat pantai ini terlihat indah. Keasrian alamnya yang masih perawan membuat suasana menjadi tenang. Di iringi oleh desiran ombak pantai yang menyembur di atas batu karang.
            Pantai Parang Kursi terletak di kecamatan pesanggaran banyuwangi. Dan berada di antara pulau merah dan pantai lampon. Akses menuju pantai ini  ada dua jalur, yaitu bisa menaiki perahu dari pantai lampon atau bisa menggunakan sepeda motor melewati daerah 56 ringin agung  jalan ini cukup ekstreme karena pantai ini masih alami sehingga tidak ada jalan yang memadai. Kendaraan khusus seperti motor trail bisa mempermudah perjalanan di track ini. Lokasinya yang berada diantara pantai lampoon dan pulau merah ini, paling mudah dicapai lewat pantai lampon.  Kendaraan harus dititipkan di pantai lampon dan melanjutkan perjalanan  dengan berjalan kaki mengikuti petunjuk yang telah ada. Kemudian juga akan perlu perahu untuk menyebrangi sungai. Setelah menyebrangi sungai masih berjalan sekitar 1Km lagi untuk sampai ke tempat ini. Akses dari banyuwangi kota atau jember anda bisa melalui jalur jajag -> Pasar pedotan -> Siliragung -> Perempatan pasar pesanggaran -> pantai lampon -> Asrama TNI -> pelabuhan lampon -> Parang Kursi. 


 By: Laili Nur Azizah Lutfi




Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: